Pesmaba UMM

Hari Pertama Pesmaba UMM banyak Maba yang membatalkan Puasa

02/09/2010 dibaca 469 Kali | 5 Comments

Pesmaba UMM – Courtesy : Humas UMM

Tanggal 1 September 2010 adalah Hari Pertama Pengenalan Study Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang, sekitar kurang lebih pukul 07:30 WIB upacara pembukaan di mulai di Hellypad Kampus putih, acara tersebut di hadiri lebih dari 5000 Mahasiswa baru dari berbagai fakultas, Pesmaba tahun ini nampaknya lebih meriah dari tahun lalu, karena ada beberapa penambahan kursi dari beberapa Prodi, penambahan tersebut dikarenakan banyaknya peminat yang ingin melanjutkan study di Kampus Swasta terbesar di Jawa Timur.Usai pembukaan Pesmaba kegiatan di lanjutkan dengan kegiatan tiap-tiap fakultas, hampir semua pelataran kampus penuh dengan warna Almamater Merah kebanggan Muhammadiyah Malang, namun untuk fakultas Teknik acara tidak di lanjutkan di areal kampus dan di pindahkan ke Taman Rekreasi sengkaling sekaligus pembukaan fakultas dari Dekan dan ketua Jurusan hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, saat redaksi lansir dari beberapa sumber, di pindahkannya kegiatan fakultas teknik ke TR Sengkaling di karenakan tidak adanya ruang yang mampu menampung kegiatan seluruh Fakultas Teknik, jika pada tahun sebelumnya cukup di AULA TEKNIK kini ruangan tersebut tidak cukup untuk di isi 1000 lebih Mahasiswa dari fakultas yang mempunyai slogan VIVA TEKNIK, TEKNIK JUOSH….

Pesmaba atau Ospek selalu identik dengan kedisiplinan dan aturan yang berlaku, sehingga bagi Mahasiswa Baru yang melanggar aturan akan dikenai sanksi oleh panitia, beragam sangksi yang di terapkan ada yang membuat makalah ada pula yang harus rela di jemur di teriknya sinar Matahari, inilah sebuah konsekuensi dari tiap aturan yang di buat panitia, sehingga tadi tidak sedikit Mahasiswa yang harus menjalani hukuman tersebut, tapi bagaimanapun juga Pesmaba adalah pengalaman sekali seumur hidup, bagaimana kalau kuliah S2? tidak akan mengenal Pesmaba tentunya, jadi nikmatilah kegiatan tersebut.

Ada hal yang aneh di hari pertama kegiatan Pesmaba ini, keanehan bukan karena ini Bulan Puasa, tapi banyak di jumpai Mahasiswa yang membatalkan puasanya di saat jam-jam istirahat karena terlepas dari pantauan panitia dan para dosen, apakah ini ciri Mahasiswa Baru yang berlandaskan Islam? hal yang tidak patut terjadi, meski kondisi terik dan penuh kedisiplinan, hal tersebut dapat di jumpai tepat di kantin-kantin depan Kampus UMM, para Mahasiswa dalam jumlah besar dengan segarnya meneguk air dan menghisap puntung rokok tanpa rasa bersalah, semoga kedepan hal ini tidak terjadi kembali, panitia dan pihak kampus harus lebih protek dalam memantau kegiatan Mahasiswa baru meski di jam istirahat, okelah jika ini bukan bulan puasa, hal tersebut bisa di toleransi.

Kebijakan mengadakan Pesmaba pada bulan Ramadhan adalah sebuah konsekuensi yang harus di emban semua pihak, tidak hanya Mahasiswa Baru saja yang lelah, tapi panitia juga lebih kelelahan mengatur begitu banyaknya Mahasiswa Baru yang melalang buana mencari tempat peristirahatan. Lantas kemana tanggung jawab pihak Universitas? sangat di sayangkan sekali, kedepan lebih baik tidak perlu mengadakan PESMABA pada bulan Ramadhan jika tidak ada kontrol dari Panitia dan khususnya kampus. Salam Civitas.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s